TEKNIK SIPIL UNNES SIAP SUKSES

Rabu, 26 Juni 2013

Kondisi Jalan dari Kreteg Wesi ke UNNES




 Apakah sudah ada yang pernah melewati daerah Trangkil menuju kampus UNNES ( Universitas Negeri Semarang ) Sekaran, Gunung Pati ??? Bagaimana sensasi yang anda rasakan ??? pasti bagi yang sudah pernah merasakan, sensasi jalan yang "tidak mulus dan tidak rata (jelek)", dimana banyak terdapat jalan bergelombang, tidak rata, dan rusak disekitar jalan tersebut.
Posisinya terletak pada Lokasi, Koordinat GPS : 7, 1′ 9.83″LS 110, 23′ 21.38″BT
                                      Google Maps Reff: -7.019397,110.389271 
Bagi para mahasiswa dan dosen  UNNES pasti tidak asing dengan jalan tersebut karena untuk menuju Semarang bawah. Jalan tersebut dilalui oleh kendaraan ringan sampai berat. Situasi sekarang banyak kendaraan berat yang lalu lalang disekitar jalan tersebut,  Banyaknya kendaraan muatan berat yang melintasi jalan ketika melakukan laju pelan/pengereman di tanjakan atau turunan mengakibatkan sebagian aspal yang dibebani di bawahnya menjadi tertekan sehingga aspal menjadi bergelombang. Terjadi Gesekan antara Aspal dengan ban kendaraan. Dilihat dari mutu aspal yang dipakai. Kemungkinan ketika penambalan /penutupan aspal yang berlubang tidak dalam keadaan bersih dan kering sehingga mempengaruhi pelekatan aspal baru ke aspal lama. sebenarnya daerah disekitar Trangkil menuju UNNES Merupakan daerah diantara perbukitan dan pegunungan, maka diangap daerah resapan atau daerah hijau sehingga tidak diperbolehkan mendirikan bangunan.

Cara mengatasi pemasalahan tersebut perlu dilakukan perbaikan lapisan tanah dasar sehingga bisa stabil dan memberikan gaya reaksi yang sama kuat dengan gaya aksi yang diterimanya. cara ini bisa dimulai dengan mengeruk lapisan tanah dasar untuk selanjutnyadiganti atau diperbaiki dengan lapisan tanah yang sesuai dengan kebutuhan sehingga nantinya bisa stabil dan kuat menahan beban. Lalu selama proses perbaikan berlangsung bagaimana kegiatan masyarakat bisa berjalan? Tentu harus ada jalur alternatif untuk itu, nah cukup sekian maaf apabila ada salah kata, penulis tidak luput dari kesalahan :)
terima kasih

1 komentar: