TEKNIK SIPIL UNNES SIAP SUKSES

Senin, 01 Juli 2013

Teknik Sipil (S1) UNNES


Buat adek-adek yang pengen masuk jurusan Teknik Sipil , Teknik Sipil UNNES bisa menjadi referensi untuk adek-adek yang ingin melanjutkan kesana. 
Berikut mengenai Teknik Sipil UNNES S-1 :


DESKRIPSI
Program studi Teknik Sipil S-1 dibuka pada tahun 2012 berdasarkan mandat khusus dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program studi ini menghasilkan lulusan kompeten dalam bidang Teknik Sipil dengan kualifikasi Sarjana S-1 yang mampu menerapkan dan memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi dalam sebuah proyek konstruksi. Dalam proses perkuliahan program studi ini menekankan studi kasus lapangan dalam setiap mata kuliah yang diberikan sehingga diharapkan akan memiliki kompetensi dan prospek lulusan yang lebih baik. Studi kasus lapangan selain diberikan pada kuliah reguler juga diberikan oleh praktisi dalam kegiatan kuliah umum yang mengupas berbagai permasalah dan solusinya di bidang konstruksi. Proses perkuliahan yang membumi akan ditunjang dengan kegiatan prestasi kemahasiswaan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berkoordinasi secara efektif, menumbuhkan jiwa kepemimpinan serta menumbuhkembangkan kemampuan wirausaha. Dengan mendasarkan hal tersebut maka output dari program studi ini akan menjadi sarjana S-1 Teknik Sipil yang berpengetahuan, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, sportif, disiplin, jujur, berwawasan entrepreneurship dan peka terhadap lingkungan.

Keunggulan
Prestasi Dosen
Saat ini ada 4 dosen yang sedang menempuh pendidikan S-3 di luar negeri dan 1 dosen menempuh pendidikan S-3 Teknik Sipil Universitas Diponegoro. Kandidat doktor dari Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada berjumlah 2 dosen.

Prestasi Mahasiswa
Dalam kegiatan kemahasiswaan, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang menjuarai kompetisi di tingkat nasional seperti Juara 1 Earthquake Resistance Building Competition (ERBC) 2012 di Universitas Pelita Harapan Jakarta. Pada tahun 2012 sebanyak 12 proposal kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) didanai oleh Dikti.

Fasilitas Penunjang
a) Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang memiliki 51 dosen yang berkompeten di bidangnya. Dosen kualifikasi pendidikan Doktor 2 orang, 39 Dosen berkulifikasi S-2, 5 Dosen berkualifikasi S-1 dan 5 Dosen Luar Biasa (Praktisi).
b) Memiliki fasilitas 6 laboratorium untuk menunjang proses perkuliahan : Laboratorium Komputasi, Laboratorium Bahan, Laboratorium Mekanika Tanah, Laboratorium Geodesi, Laboratorium Hidro, dan Laboratorium Kayu.
c) Memiliki fasilitas perpustakaan mandiri di Jurusan Teknik Sipil yang melayani peminjaman buku dalam bentuk hardcopy dan softcopy (e-book) terkini serta fasilitas internet Wi-fi untuk menunjang proses belajar mandiri mahasiswa.
d) Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu tersedia antara lain beasiswa bidik misi yang informasinya dapat diperoleh di web site unnes.ac.id.

2. Keunikan
Dunia praktik seperti dunia konstruksi mengalami banyak perubahan yang akhirnya menuntut perubahan pada keluaran lulusan Teknik Sipil S-1, untuk itu pendidikan tinggi harus membekali mahasiswa dengan sesuatu yang mereka butuhkan di masa datang, sepanjang hidupnya. Untuk itu, kurikulum program studi Teknik Sipil S-1 dikembangkan berbasis pada problem based learning (PBL) yang merupakan salah satu metode yang banyak diadopsi untuk menunjang pendekatan learner center. Sehingga dengan berbagai studi kasus yang dihadirkan di setiap mata kuliah diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan.

3. Peluang Mengembangkan Diri
Lulusan Teknik Sipil S-1 Universitas Negeri Semarang dapat bekerja di dunia konstruksi baik di bidang jasa (seperti konsultan perencana, konsultan pengawas, kontraktor, penilai aset), bidang barang (seperti pengembang dan industri bahan bangunan) baik secara mandiri maupun bekerja pada suatu perusahaan. Selain itu lulusan juga dapat melanjutkan studi strata 2 (S-2) dibidang Teknik Sipil dan bidang lain yang relevan.

KOMPETENSI LULUSAN
Program studi ini menghasilkan lulusan kompeten dalam bidang Teknik Sipil dengan kualifikasi Sarjana S-1 yang mampu menerapkan dan memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi dalam sebuah proyek konstruksi. Kompetensi yang dimiliki lulusan antara lain kemampuan menganalisis, mendesain, dan merehabilitasi (meretrofit) bangunan sesuai dengan standar atau code yang berlaku di Indonesia. Memiliki dasar-dasar kemampuan mengelola proyek yang efisien baik dari aspek mutu, biaya dan waktu. Memiliki kemampuan membuat rencana anggaran biaya (RAB) dan penyusunan Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) untuk semua pekerjaan konstruksi. Untuk masalah akreditasi insya Allah satu tahun lagi sudah akreditasi B.

KONTAK
Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik
Universitas Negeri Semarang
Gedung E3-E4 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
Telp/Fax 024-8508102
Situs : www.tekniksipil-unnes.ac.id
Email : tekniksipil@unnes.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar